- Aplikasi SISKEUDES merupakan aplikasi resmi Pemerintah yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Direkrotat Jenderal Bina Pemerintahan Desa;
- Aplikasi SISKEUDES merupakan hasil pengembangan dari Tim Kemendagri dan BPKP melalui SK Mendagri No. 900.05-8366 Tahun 2018 tentang Pembentukan TIm Bersama Pengembangan dan Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa, tindaklanjut dari MoU Kemendari dan BPKP tahun 2015;
- Aplikasi diberikan kepada Pemerintah Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk didistribusikan kepada Pemerintah Desa diwilayahnya secara GRATIS;
- Untuk memperoleh aplikasi SISKEUDES harus melalui ijin tertulis dari Pengelola yang dibuktikan dengan Berita Acara Serah Terima yang dapat di download dalam website ini;
- Distribusi aplikasi SISKEUDES dilakukan secara resmi oleh Ditjen Bina Pemdes-Kemendagri dan BPKP kepada Kabupaten/Kota dan Balai Bina Pemdes;
- Siskeudes yang didistribusikan terdiri dari:
1. File SimKeuDes,
2. Folder Report,
3. Folder Help,
4. Folder Surat,
5. File Database
a. database MDE, untuk digunakan oleh pemdes dan
b. SQLServer untuk digunakan oleh Pemda;
SML Siskeudes untuk Pemda sudah disetting oleh Tim Admin Pusat, sehingga Admin Kabupaten/Kota tidak melakukan setting SML Siskeudes T.A. 2022
6. sedangkan khusus untuk Balai Pemdes menggunakan SML Simulasi guna mendukung pelaksanaan kegiatan di Balai Pemdes